Senin, 10 Juni 2013

kebutuhan manusia dalam ilmu ekonomi



KEBUTUHAN MANUSIA
Kebutuhan manusia sangat banyak dan beragam. Kebutuhan itu antara lain adalah kebutuhan makanan dan minuman ( pangan ), pakaian ( sandang ) dan perumahan ( papan ). Selain itu, pendidikan, kesehatan, olahraga dan rekreasijuga termasuk kebutuhan.
Semakin banyak jumlah penduduk, semakin banyak pula kebutuhan manusia. Begitu juga  dengan semakin majunya peradaban dan teknologi, semakin banyak pula kebutuhan yang dirasakan.
Pada zaman purba, sewaktu jumlah manusia masih sedikit, sumber daya yang ada cukup melimpah untuk memenuhi kebutuhan manusia.Waktu itu, kebutuhan manusia masih relative sedikit.Namun, seiring dengan berjalannya waktu, jumlah manusia makin banyak, sehingga jumlah kebutuhan juga semakin banyak pula.Sebagai akibatnya, sumber daya alam yang tersedia terasa semakin tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin banyak tersebut.
Pada zaman purba, kebutuhan manusia hanya sekedar untuk memperoleh makan pagi dan petang.Kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan berburu, menangkap ikan atau makan daun – daunan yang ada disekelilingnya. Untuk menghindarkan diri dari gangguan buas, yaitu kebutuhan akan rasa aman, mereka tidur dipohon – pohon yang tinggi. Untuk menghindarkan diri dari hujan dan terik matahari, mereka berteduh digua – gua.
Pada masa sekarang, kebutuhan makan dan minum saja dirasa tidak cukup.Misalnya, kamu perlu beberapa lembar pakaian yang baik dan pantas agar kawan – kawanmu tidak menganggap kamu aneh.Selain pakaian, kamu juga perlu tempat tidur yang layak agar bisa tidur dengan nyenyak. Kamu juga perlu meja belajar dan kursi, buku, pena, pensil dan penggaris untuk belajar. Kalau sudah belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah, kamu perlu menonton televise untuk hiburan. Kamu juga perlu berolahraga agar badan tetap sehat.Tiap minggu atau hari libur kamu juga ingin pergi ketempat – tempat hiburan.
Jadi kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia dalam hidupnya, yang bisa diperoleh dengan cara memiliki atau menikmati suatu barang atau jasa. Atau dengan kata lain kebutuhan adalah setiap keinginan manusia baik berupa barang atau jasa atau lainnya yang dapat memberikan kepuasan bagi jasmani atau rohani untuk kelangsungan hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar