Senin, 10 Juni 2013

sumber daya yang ada di dunia



PEMANFAATAN SUMBER DAYA YANG LANGKA DALAM UPAYA MEMENUHI KEBUTUHAN
Kelangkaan atau keterbatasan adalah suatu keadaan yang menunjukkan bahwa kebutuhan manusia itu tidak terbatas jumlahny, sedangkan alat yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia sangat terbatas.Kebutuhan manusia semakin lama semakin bertambah banyak baik jumlah maupun jenisnya, sementara itu meskipun manusia berusaha memperbanyak alat pemuas kebutuhan tetapi kenyataannya menunjukkan bertambahnya kebutuhan manusia tidak sebanding dengan bertambahnya alat atau barang untuk memenuhi kebutuhannya.
Manusia adalah makhluk yang tidak pernah puas. Berapa banyakpun jumlah barang yang sudah dimiliki dan dikonsumsi, ia akan selalu merasa kekurangan. Hal ini terjadi karena kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
Hal inilah yang mengakibatkan adanya kelangkaan atau keterbatasan alat – alat pemuas kebutuhan manusia yang meliputi keterbatasan sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya modal.
Untuk mengatasi kelangkaan atau keterbatasan sumber – sumber daya tersebut, dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu :
§        Menggali sumber daya yang ada
§        Memproduksi barang baru dengan alat produksi yang ada.
§        Memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan sebaik – baiknya.
Usaha – usaha yang lainnya dalam mengatasi kelangkaan sumber daya
Adapun usaha – usaha dalam mengatasi kelangkaan sumber daya dikelompokkan menjadi 2 cara, yaitu menyusun skala prioritas kebutuhan dan berlaku arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya
1.        Menyusun Skala Prioritas Kebutuhan
Skala prioritas kebutuhan adalah suatu daftar tentang berbagai macam kebutuhan hidup yang disusun berdasarkan kepentingannya, dari yang paling penting dan mendesak, dapat ditunda pemenuhannya hingga tidak perlu dipenuhi. Dalam menyusun skala prioritas kebutuhan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya 2 point berikut :
·         Urutan pemuasan kebutuhan harus didasarkan pada tingkat kepentingan dan mendesak tidaknya kebutuhan tersebut . Langkah ini perlu dilakukan agar kita dapat menentukan kebutuhan apa saja yang perlu segera dipenuhi dan mana yang masih bisa ditunda pemenuhannya.
·         Disesuaikan dengan penghasilan. Karena semua kebutuhan tetap tidak akan terpenuhi apabila total uang yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan lebih besar daripada penghasilan.
2.        Berlaku Arif dan Bijaksana dalam Memanfaatkan Sumber Daya
Berlaku arif dan bijaksana dalam memanfaatkan sumber daya bisa diterapkan dengan melakukan usaha – usaha berikut :
·         Memanfaatkan  sumber daya alam secara efisien dan efektif  serta menggali yang belum terangkat.. Kegiatan ini perlu dilakukan agar sumber daya yang ada tidak cepat rusak atau puna dan yang baru dapat dimanfaatkan secara optimal. Contohnya : memperbaiki barang yang rusak.
·         Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan ketrampilan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Melalui kegiatan ini diarapkan terbentuk tenaga – tenaga terampil dan ahli di bidang sehingga dapat memaksimalkan kegunaan sumber daya. Misalnya, menyelenggarakan kursus menjahit dan pelatihan montir.
·         Mengelola dan mendayagunakan sumber modal secara tepat guna. Pengelolaan sumber daya modal secara tepat guna akan membuat seseorang mampu mengatur penghasilannya dengan benar. Bagi pengusaha, ia bisa mengefisienkan biaya operasional sehingga keuntungan yang diperole pun maksimal
a.         Sumber Daya Alam                                                                                                   
Sumber daya alam disediakan secara cuma – cuma oleh alam.Sumber daya alam itu dimanfaatkan guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Jumlah sumber daya alam yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia sangat banyak, diantaranya adalah tanah, barang tambang, air ( laut, sungai dan danau ), hutan dan segala isinya, udara dan sinar matahari.
Tanah, bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Keperluan pertama untuk lahan pertanian, tempat menggembala ternak dan berkebun. Selain itu, tanah juga diperggunakan untuk mendirikan pabrik, toko, restoran atau tempat tinggal. Tanah juga diperlukan untuk membangun prasarana transportasi, seperti jalan dan jembatan.
Barang tambang adalah kekayaan yang dimiliki atau terdapat dibumi ini, seperti emas, perak, tembaga, bijih besi, timah, batu bara, bauksit, minyak tanah dan gas bumi.
Air ( laut, sungai dan danau ), sangat diperlukan oleh semua makhluk hidup. Dilaut, sungai dan waduk banyak terdapat ikan dan sumber kekayaan laut yang lainnya. Air juga dapat digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik dan tempat rekreasi.
Hutan dan segala isinya, mencakup kayu, rotan, cendana. Dihutan juga banyak terdapat hewan yang kita jumpai seperti, rusa, lebah, burung, tapir dan babi hutan.
Udara dan sinar matahari, ini adalah hal yang paling penting bagi semua makhluk hidup. Selain itu juga penting untuk mengembangkan usaha pertanian, peternakan dan perkebunan. Lebih dari itu, sinar matahari juga bisa menghasilkan tenaga surya yang dapat menggantikan listrik dan minyak bumi.
b.         Sumber Daya Manusia
Untuk memanfaatkan semua sumber daya alam diperlukan sumber daya yang kedua, yaitu sumber daya manusia.Sumber daya alam yang kaya tidak ada artinya kalau tidak ada sumber daya manusia yang mampu mengolah sumber daya alam tersebut.
Sebagai contoh para petani memanfaatkan kesuburan tanah untuk menghasilkan produk – produk pertanian.Buruh tambang dan para ahli geologi menggali dan mengolah bahan – bahan tambang dan mineral.Nelayan mengurangi laut luas untuk mencari ikan.Pengusaha perkayuan menebang dan mengolah kayu – kayu yang ada dihutan. Ahli meteorology diperlukan antara lain untuk menganalisis perkembangan cuaca.

c.       Sumber Daya Modal
Kadang – kadang sumber daya manusia saja tidak cukup untuk memanfaatkan dan mengeksploitasi sumber daya alam.Untuk itu, diperlukan sumber daya modal atau capital.Sumber daya modal diperlukan agar kita bisa menghasilkan barang dan jasa dengan cepat dan efesien.Sebagai contoh untuk membuat kain diperlukan mesin pemintal.Dengan mesin pemintal, kain bisa diproduksi dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak.

0 komentar:

Poskan Komentar