Jumat, 03 Mei 2013

BENUA – BENUA DI DUNIA



A. BENUA ASIA
1. Letak dan Luas
Benua Asia adalah benua terbesar dengan luas 44.180.000 km2. Sebenarnya benua Asia merupakan satu daratan dengan benua Eropa sehingga sering disebut dengan Eurasia, keduanya dipisahkan oleh pegunungan Ural. Terletak antara 260 BT – 1690 BB dan 770 LU – 110 LS. Batas – batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
v  Sebelah Utara    : Samudera Arktik
v  Sebelah Timur    : Samudera Pasifik
v  Sebelah Selatan : Samudera Hindia
v  Sebelah Barat    : Benua Eropa dan Afrika
Benua Asia di bagi menjadi enam kawasan, yaitu :
a.       Asia Utara meliputi      : Siberia dan Rusia.
b.      Asia Barat meliputi      : Turki, Siprus, Libanon, Israel, Suriah, Jordania, Irak, Iran, Afganistan, Palestina, Arab Saudi, Kuwait, Bahrain, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman dan Yaman.
c.       Asia Tengah meliputi   : Armenia, kazakstan, Kirgystan, Tajikistan, Turkmenistan, Azerbaijan dan Uzbekistan.
d.      Asia Timur meliputi     : Mongolia, China, Korea Utara, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Hongkong dan Makau.
e.       Asia Selatan meliputi    : Pakistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, India, Sri Lanka dan Maladewa.
f.       Asia Tenggara meliputi : Myanmar, Thailand, Indonesia, Laos, Vietnam, Kamboja, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Filiphina.



2. Bentang Alam
Bentang alam Asia, meliputi :
a.       Pegunungan Lipatan Muda dibagian tengah benua yaitu Pegunungan Himalaya dengan puncak tertingginya Mount Everest ( 8.848 m ). Diantara pegunungan terdapat plato – plato besar seperti plato tibet, mongolia dan dekan.
b.      Dataran rendah utara meliputi Siberia dan Rusia.
c.       Dataran rendah dibagian tengah benua meliputi Lembah Sungai Tigris dan Efrat di Irak, Indus di Pakistan, Gangga di India, Brahmaputra di Bangladesh, Irawadi di Myanmar, Mekong di Thailand dan Laos, Yang Tsedan Huang Ho di China.
d.      Gurun meliputi Gurun Arab, Gurun Ghobi dan Gurun Sinai.
3. Iklim
Iklim Benua Asia dibagi menjadi :
a.       Iklim tropis yaitu curah hujan tinggi, suhu tinggi dan kelembaban tinggi. Daerahnya meliputi Asia Selatan dan Asia Tenggara.
b.      Iklim Subtropis yaitu ditandai dengan suhu tinggi pada musim panas dan suhu rendah pada musim dingin karena curah hujan banyak turun pada musim ini. Daerahnya meliputi pantai Laut Tengah.
c.       Iklim sedang, penduduk yang tinggal diwilayah ini mengalami empat musim, yaitu panas, gugur, dingin dan semi. Daerahnya meliputi Jepang, China dan Korea.
d.      Iklim kutub yang ditandai dengan adanya musim dingin atau beku hampir sepanjang tahun. Daerahnya meliputi Siberia.
4. Sosial Ekonomi
Penduduk Asia berjumlah 3,83 milyar jiwa atau sekitar 61% dari jumlah penduduk dunia, sehingga merupakan benua dengan tingkat kepadatannya paling tinggi.
Benua Asia tergolong belum maju dengan indikasi kemampuan daya beli per kapita tahun 2001 sebesar $ 4.290 dibandingkan rata – rata dunia sebesar $ 7.160.
Sebagian besar penduduk bermata pencaharian sebagai petani. Namun, ada beberapa negara yang merupakan penghasil minyak terbesar didunia seperti Uni Emirat Arab, Brunai Darussalam dan Qatar. Sedangkan negara yang mengandalkan sektor industri adalah Korea dan Jepang.
Secara garis besar penduduk Asia dibagi menjadi tiga ras yaitu ras kaukasoid ( kulit putih ) meliputi kawasan Asia Barat, ras mongoloid ( kulit kuning ) meliputi kawasan Asia Timur dan Tenggara, ras negroid ( kulit hitam ) meliputi kawasan India dan Sri Lanka. Dan Asia juga merupakan tempat lahirnya agama – agama seperti Islam, Kristen, Hindu, Budha, Kong Hu Chu, sehingga agama yang dianut penduduk Asia beraneka ragam.
B. BENUA AFRIKA
1. Letak dan Luas
Benua Afrika terletak antara 370 LU – 340 LS dan 170 BB – 510 BT. Luas Benua Afrika 30.295.000 km2. Batas – batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
v  Sebelah Utara    : Laut Tengah dan Laut Merah
v  Sebelah Timur    : Samudera Hindia
v  Sebelah Selatan : Samudera Atlantik
v  Sebelah Barat    : Samudera Atlantik
Benua Afrika dibagi menjadi lima wilayah, yaitu :
a.       Afrika Utara meliputi  : Mesir, Libya, Tunisia, Aljazair, Maroko, Sahara Barat dan Sudan.
b.      Afrika Selatan meliputi : Namibia, Bostwana, Afrika Selatan, Zambia, Malawi, Zimbabwe, Mozambik, Lesotho, Angola, Swazilan, Malagasi dan Komoro.
c.       Afrika Barat meliputi  : Nigeria, Niger, Benin, Togo, Ghana, Ivory Coast, Liberia, Sierra, Leone, Guinea, Guinea Bissau, Gambia, Senegal, Mauritania dan Mali Brukina Faso.
d.      Afrika Timur meliputi : Kenya, Uganda, Ethiopia, Rwanda dan Burundi.
e.       Afrika Tengah meliputi           : Kongo, Zaire, Gabon, Afrika Tengah, Kamerun, Chad, Equador, Guinea Equador, Sao Tome dan Principle.

2. Bentang Alam
Keadaan fisik Benua Afrika, meliputi :
a.       Pegunungan dan Plato
Pegunungan terdapat di Afrika Utara yaitu Pegunungan Atlas yang menghalangi masuknya angin dari Samudera Atlantik. Plato di Afrika ada dua bagian yaitu Plato di bagian selatan ( Afrika Atas ) dan Plato bagian Utara ( Afrika Bawah ).
b.      Lembah retak besar dibagian timur. Didaerah ini dijumpai danau – danau, seperti danau terbesar yaitu danau Victoria yang menjadi sumber air. Sungai terbesar di Afrika yaitu Sungai Nil dan gunung tertinggi yaitu gunung Kilimanjaro ( 5.895 m ) .
c.       Gurun Sahara di bagian Utara Afrika, gurun Kalahari dan gurun Namib.
3. Iklim
Benua Afrika sering dijuluki benua panas, karena suhunya panas sepanjang tahun dengan curah hujan yang sedikit. Iklim di Benua Afrika adalah sebagai berikut :
a.       Iklim gurun meliputi Afrika Utara.
b.      Iklim Mediterania meliputi daerah sekitar Laut Tengah.
c.       Iklim tropis basah meliputi sepanjang pantai barat Afrika Tengah.
4. Sosial Ekonomi
Benua Afrika terkenal dengan sebutan benua hitam, karena sebagian besar penduduknya berkulit hitam. Benua Afrika adalah benua termiskin dengan kemampuan daya perkapita penduduknya $ 2.120, sedangkan rata – rata dunia adalah $ 7.160. Akibatnya kualitas kehidupan penduduknya masih rendah, terbukti bahwa dibenua Afrika pengidap penyakit HIV / AIDS jumlahnya terbesar dibandingkan dengan benua yang lainnya.
Penduduk benua ini berjumlah 861 juta jiwa, sebagian besar hidup dari sektor pertanian. Penduduk Afrika dapat dikelompokkan menjadi :
a.       Orang Hamit di Afrika Utara dan Timur Laut.
b.      Orang Negro, orang asli Afrika itu sendiri dan jumlahnya juga paling banyak mencapai 70% dari penduduknya.
c.       Orang keturunan Eropa banyak terdapat di Afrika Selatan.
C. BENUA EROPA
1. Letak dan Luas
Luas Benua Eropa adalah 10.507.630 km2. Terletak antara 360 LU – 710 LU dan 110 BB – 660 BT. Seluruh wilayah Eropa ada dibelahan bumi utara. Batas – batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
v  Sebelah Utara    : Laut Arktik, Laut Norwegia, Laut Barent
v  Sebelah Timur    : Benua Asia, Laut Kaspia
v  Sebelah Selatan : Laut Hitam, Laut Tengah
v  Sebelah Barat    : Samudera Atlantik
Benua Eropa dibagi menjadi beberapa wilayah, yaitu :
a.       Eropa Utara meliputi   : Islandia, Swedia, Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Denmark.
b.      Eropa Timur meliputi  : Georgia, Bulgaria, Rumania, Ukraina, Molodova, Slovakia, Hongaria, Belarus, Bosnia – Hercegovina, Polandia, Kroatia.
c.       Eropa Barat meliputi   : Irlandia, Inggris, Belanda, Belgia, Luksemburg, Prancis, Jerman, Austria dan Swiss.
d.      Eropa Selatan meliputi : Portugal, Spanyol, Italia, San Marino, Monako, Yugoslavia, Macedonia, Slovenia, Albania, Yunani dan Malta.
2. Bentang Alam
Bentang alam Benua Eropa adalah sebagai berikut :
a.       Pegunungan tua di bagian Utara dan Barat meliputi semenanjung Skandinavia dan Irlandia.
b.      Dataran rendah Eropa yaitu di sepanjang pantai Laut Utara.
c.       Pegunungan Lipatan Muda di bagian selatan dengan pusatnya Pegunungan Alpen di Swiss dan puncak tertingginya Mount Blanc ( 4.813 m ), pegunungan Pyrenia, pegunungan Ural, pegunungan Kaukasus dengan puncaknya gunung Elbruss ( 5.633 m ).
d.      Sungai – sungai yang ada di Eropa adalah Sungai Rhein ( sungai teramai ), Sungai Volga ( sungai terpanjang ) dan Sungai Rone.
3. Iklim
Berdasarkan letak astronominya, umumnya Eropa beriklim sedang sehingga memiliki empat musim yaitu panas, dingin, semi dan gugur. Berdasarkan iklim fisiknya, benua Eropa dapat dibedakan menjadi :
a.       Iklim laut di Pantai Barat.
b.      Iklim Benua di Eropa Timur.
c.       Iklim Mediterania di Eropa Selatan.
d.      Iklim Dingin di Eropa Utara.
4. Sosial Ekonomi
Benua Eropa sering disebut dengan benua putih, karena penduduknya berkulit putih. Jumlah penduduk Benua Eropa adalah 727 juta jiwa ( tahun 2003 ) dengan tingkat pertumbuhan negatif yaitu -0,2 artinya angka kematian lebih tinggi dari angka kelahiran. Penduduknya tergolong kaya dengan daya beli $ 16.270 melebihi rata – rata dunia. Sebagian besar penduduknya bekerja disektor industri.penduduk Eropa terdiri dari berbagai suku diantaranya yaitu suku Nordik ( Norwegia, Swedia, Jerman ), suku Alpen ( Perancis, Swiss ), suku Anglo Saxon ( Inggris, Denmark ), Mediterania ( Portugal, Spanyol, Italia ).
Selain menjadi tempat bisnis kompetisi sepakbola, Eropa menjadi tempat pusat mode dunia. Mata uang Eropa adalah Euro. Benua Eropa merupakan tempat lahirnya ideologi – ideologi seperti Imperialisme, Kapitalisme dan Liberalisme, juga menjadi pelopor penemu teknologi seperti Mesin Uap, Pesawat Terbang, Telepon dan Lampu Listrik.
D. BENUA AMERIKA
Nama Amerika berasal dari nama penjelajah dunia dari Itali yaitu Amerigo Vespucci, tetapi Colombus lah yang memperkenalkan Benua Amerika pada orang Eropa.
1. Letak dan Luas
Luas Benua Amerika adalah 42.188.568 km2. Terletak antara 830 LU – 550 LS dan 1700 BB – 350 BB, berarti seluruh benua Amerika ada dibelahan bumi bagian barat dan bentuknya memanjang dari utara ke selatan.
Batas wilayahnya adalah sebagai berikut :
v  Sebelah Utara    : Laut Arktik
v  Sebelah Timur    : Samudera Atlantik
v  Sebelah Selatan : Laut Kutub Selatan
v  Sebelah Barat    : Samudera Pasifik
Secara budaya benua Amerika dibagi menjadi dua bagian yaitu Amerika Utara ( Anglo Amerika ) dan Amerika Latin. Disebut Amerika Latin, karena merupakan bekas jajahan Spanyol dan Portugis yang berbudaya latin. Secara fisik benua Amerika dibagi tiga bagian, yaitu :
a.       Amerika Utara meliputi     : Amerika Serikat dan Kanada.
b.      Amerika Tengah meliputi : Angguilla, Antigua dan Bermuda, Trinidad dan Tobago, Kepulauan Bahama, Rebuplik Dominika, El Salvador, Belize, Meksiko, Jamaika, Guatemala, Honduras, Haiti, St. Vincent, Costa Rika, Grenada, Panama.
c.       Amerika Selatan meliputi : Argentina, Brazil, Bolivia, Columbia, Equador, Guyana, Guyana Perancis, Paraguay, Peru, Suriname, Uruguay, Venezuela.
2. Bentang Alam
Di Amerika Utara terdapat rangkaian pegunungan Cascade, Sierra, Nevada dan pegunungan Rocky. Di komplek pegunungan Rocky terdapat danau garam besar ( the great salt lake ). Sebelah timur pegunungan tersebut terdapat dataran rendah sungai Missisipi yang disebut Great Plain dan dataran rendah danau – danau besar seperti danau Superior, danau Eire, danau Ontario dan danau Great Bear.
Amerika tengah bagian barat terdapat pegunungan Siera Madre Occidental dan Siera Madre Oriental, sedangkan bagian timurnya merupakan dataran rendah.
Amerika selatan bagian barat membujur pegunungan Andes dengan puncak tertingginya Aconcagua ( 6.960 m ) di Argentina. Di bagian timurnya terdapat dataran rendah DAS Amazone, DAS Orinoco, DAS Parana.
3. Iklim
Letaknya yang memanjang dari utara ke selatan menyebabkan Amerika memiliki iklim yang bervariasi, yaitu :
a.       Iklim kutub / dingin dibagian utara seperti Alaska, Kanada dan Greenland.
b.      Dikawasan lintang sedang terdapat iklim sedang basah dengan curah hujan tinggi akibat pengaruh angin laut dan samudera pasifik dan samudera atlantik.
c.       Iklim kering / gurun terdapat di gurun Majore ( Amerika Serikat ), gurun Atacama ( Chili ).
d.      Iklim tropis terdapat dibagian tengah benua mulai dari Teluk Meksiko, Amerika Tengah sampai Amerika Selatan.
4. Sosial Ekonomi
Penduduk asli orang Amerika adalah Eskimo yang tinggal di Alaska dan Indian yang tinggal didaerah terpencil. Orang – orang kulit putih yang sedang ke Amerika adalah orang Spanyol, Portugis dan Italia yang menyebar di Amerika Selatan. Bangsa Perancis, Belanda dan Jerman menyebar di Amerika Utara. Orang Negro semula didatangkan sebagai budak belian.
Amerika utara termasuk negara maju dengan mata encaharian utama dibidang industri dan jasa. Hal tersebut didukung oleh sumber daya alam yang melimpah, manusia yang berkualitas dan transportasi yang  baik. Industri perfilman Hollywood dan industri komputer adalah contoh industri maju di Amerika. Daya beli penduduknya tinggi yaitu $ 33.510.
Amerika tengah dan selatan, mata pencaharian penduduknya didominasi sektor pertanian. Daya beli penduduknya hanya $ 6.820. Brazil merupakan penghasil kopi terbesar didunia.
Menciptakan pesawat ulang alik penjelajah angkasa, mendarat di bulan merupakan kelebihan yang dimiliki Amerika Serikat. Selain itu kelebihan dari benua ini adalah di pakainya mata uang dollar sebagai mata uang standar dunia.
E. BENUA AUSTRALIA
Nama Australia berasal dari bahasa Latin yaitu “auster” yang berarti angin selatan. Australia merupakan nama sebuah benua yang ada dibelahan bumi selatan.
1. Letak dan Luas
Luas benua ini  ± 7.687.120 km2. Terletak antara 1130 BT – 153039’ BT dan 10041’ LS – 43029’ LS. Berarti Australia dilalui oleh Garis Balik Selatan ( GBS, Tropic of Capricorn, 23030’ LS ).
Batas wilayah Australia, yaitu :
v  Sebelah Timur    : Laut Tasman dan Laut Koral
v  Sebelah Utara    : Indonesia yang dipisahkan oleh Laut Timor dan Laut Arafuru, Timor Leste yang dipisahkan oleh Laut Timor, Papua Nugini yang dipisahkan oleh Selat Torres
v  Sebelah Selatan : Samudera Hindia
v  Sebelah Barat    : Samudera Hindia
2. Bentang Alam Australia
Australia merupakan benua paling datar di bumi, rata – rata ketinggiannya 300 m dapl, hanya kira – kira 5% saja dari seluruh wilayah darat Australia yang mempunyai ketinggian diatas 600 m dapl. Secara topografi Australia bisa dibagi kedalam tiga wilayah, yaitu :
a.       Plato Barat ( Western Australia )
Plato Barat disebut juga dengan “ Perisai Australia “, terbentang dari barat laut ke arah timur yang miring secara melandai hampir seperempat dunia. Di wilayah ini terdapat gurun Australia yang terdiri dari Gurun Pasir Besar di utara, Gurun Gibson di tengah, Gurun Victoria di selatan. Terdapat pula pegunungan Macdonnal di timur dan pegunungan Hammersley.
b.      Dataran Rendah Tengah ( The Central Lowlands )
Diwilayah ini merupakan dataran rendah yang tidak terputus membentang dari Teluk Carpentaria di utara sampai Teluk Spencer di selatan. Dataran rendah ini dialiri oleh sungai – sungai yang bermuara di Teluk Carpentaria dan Teluk Spencer, seperti sungai Murray dengan anak sungainya Sungai Darling dan Sungai Murumbigde. Di dataran rendah tengah banyak terdapat sumur – sumur artetis yang sengaja di buat, airnya di manfaatkan untuk kebutuhan penduduk dan peternakan karena diwilayah ini terbentang steppa yang sangat luas.
c.       Dataran Tinggi Timur ( Eastern Highland )
Diwilayah ini terdapat pegunungan membujur utara – selatan dari mulai Tanjung York ( Queensland ) sampai ke negara bagian Tasmania. Pegunungan ini disebut The Great Dividing Range ( Pegunungan Pemisah Besar ). Gunung tertingginya Mt. Kosciousko ( 2.234 m dapl ).
3. Iklim Australia
Keadaan iklim di Australia bervariasi karena dipengaruhi oleh :
-   Angin Passat Tenggara di sebelah Timur yang bertiup sepanjang tahun dari laut disebelah timurnya menuju daratan australia.
-   Arus Australia Barat yang mengalir dingin di sebelah baratnya.
-   Arus Australia Timur yang mengalir hangat disebelah timurnya.
-   Angin Musson yang bertiup barganti arah setiap enam bulan dari dan menuju Australia.
Sehingga Koppen membagi iklim di Australia, yaitu :
·         Iklim AW
·         Iklim BS
·         Iklim BW
·         Iklim Cf
·         Iklim Cs
·         Iklim Cw
Wilayah Australia yang beriklim sedang mengalami empat musim yaitu spring, summer, autumn, dan winter.

4. Sosial Ekonomi
Pada tahun 2002 jumlah penduduknya sebanyak 19, 7 juta jiwa dengan angka pertumbuhan 0,6% yang terdiri dari orang kulit putih ( terutama keturunan Inggris ) 93%, orang Asia 5%, Aborigin 1,5% dan lainnya 0,5%. Aborigin merupakan penduduk asli Australia yang disebut juga Negro Australia karena berkulit hitam. Mempunyai senjata tradisional yang cukup terkenal yaitu boomerang.
Penduduk Australia menganut agama Kristen 76,4%, Anglican 26,1%, Khatolik Roma 26%, Uriting Cruch 4,9%, Pesbisterian 4,4%, Kristen Ortodok 2,9%, Kristen Baptis 1,3%. Sisanya beragama Yahudi, Islam dan Budha. Bahasa yang digunakan sehari – hari adalah bahasa inggris dan bahasa ini dijadikan sebagai bahasa resmi negara.
Mata pencaharian utama penduduk Australia adalah pertanian dan peternakan. Hasil pertaniannya adalah gandum, yang ditanam dibagian tenggara dan barat daya Australia. Gandum merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Australia. Panennya sering mengalami surplus diekspor dan Australia terkenal sebagai gudang gandum dunia.Peternakan di Australia sangat berkembang karena didukung oleh adanya steppa yang sangat luas yang terdapat diseluruh bagian Australia. Pengusaha ternak di Australia disebut “squatters” yang mempunyai tanah penggembalaan yang luas dan hewan ternak beratus ribu ekor. Hewan ternaknya yaitu biri – biri dan sapi.








0 komentar:

Poskan Komentar