Jumat, 03 Mei 2013

Perekonomian Indonesia



BAB II
Kebijakan Ekonomi di Indonesia Selama Periode 1950 – 1965, Khususnya terhadap Penanaman Modal Asing
2.1. Berbagai Kebijaksanaan Ekonomi Indonesia Merdeka pada Awal Tahun 1950 – an
Seperti negara – negara berkembang lain yang baru lepas dari kekuasaan kolonial, kebijaksanaan – kebijaksanaan ekonomi di Indonesia pada awal tahun 1950 – an sebagian besar dibentuk oleh saling mempengaruhi masalah – masalah sosial dan ekonomi yang objektif yang menghadapkan negara dan gagasan – gagasan ekonomi dasar dari para perumus kebijaksanaan ekonomi yang utama. Dihadapkan pada tugas berat mendamaikan kembali kebutuhan mendesak untuk merehabilitas ekonomi yang mengalami kehancuran secara luas selama pendudukan Jepang dan Revolusi, dengan permintaan umum yang kuat untuk mengubah ekonomi kolonial menuju ekonomi nasional, para perumus kebijaksanaan Indonesia mengambil beberapa langkah untuk sekurangnya menampung permintaan – permintaan mendesak nasionalisme ekonomi.[1]
Untuk mengembangkan kewirausahaan pribumi Indonesia dan meletakkan kegiatan ekonomi yang penting dibawah kontrol nasional, pada tahun 1950 pemerintah memperkenalkan program benteng yang memberikan izin – izin da kredit impor kepada importir pribumi. Hal ini, membuahkan hasil pada pertengahan tahun 1950 – an. Sekitar 70 % perdagangan impor Indonesia ditangani oleh para pengusaha Indonesia. Program benteng memfokus pada pengamanan kontrol nasional atas perdagangan impor. Sektor ini bukan hanya paling rentan terhadap kontrol negara melalui alokasi izin impor tetapi juga hampir dapat dimasuki oleh para calon pengusaha Indonesia. Hal ini, karena jumlah modal dan sumber – sumber daya perusahaan yang diperlukan relatif kecil dibandingkan kegiatan – kegiatan lain seperti manufaktur. Diharapkan bahwa melalui perdagangan impor ini para pengusaha pribumi Indonesia lambat laun akan mampu mengakumulasi modal yang cukup untuk masuk ke sektor – sektor lain. ( Robison, 1986 : 44 ).
Karena program benteng telah menjadi fokus usaha pemerintah Indonesia untuk mempribumikan ekonomi dengan mendorong pengusaha Indonesia, sedikitnya memperlihatkan kegagalan skema ini mencapai tujuan – tujuan yang dinyatakan. Beberapa pejabat senior yang bertugas dalam program ini tidak mempunyai terlalu banyak bayangan mengenai efektivitasnya, sebuah tema yang dicerminkan dalam surat – surat Sumitro Djojohadikusumo yang menjadi Menteri Perdagangan dan Industri dalam Kabinet Natsir ( 1950 – 1951 ) yang ditugasi mengepalai administrasi program ini. Sebagai seorang politisi yang keras kepala, Sumitro memperhitungkan bahwa “ meskipun 7 dari 10 ahli waris program benteng mungkin berubah menjadi bajingan, tiga yang masih tersisa berkembang baik menjadi pengusaha yang sesungguhnya “. ( Djojohadikusumo, 1986 : 15 ).
Untuk membantu para calon pengusaha pribumi Indonesia pada awal tahun 1950 – an pemerintah Indonesia juga mendirikan lembaga – lembaga kredit baru, seperti :
a.       Bank Industri Negara ( BIN ) untuk menyediakan kredit bagi proyek – proyek industri, pertambangan dan pertanian.
b.      Bank Negara Indonesia 1946 ( BNI ) untuk menyediakan kredit bagi para eksportir dan importir Indonesia.
c.       Yayasan Kredit yang menyediakan jaminan bagi kredit – kredit yang tidak mempunyai jaminan.
Dalam usaha – usaha untuk mematahkan kontrol Belanda atas perdagangan ekspor dan impor, pemerintah Indonesia juga mengandalkan pada dua perusahaan dagang negara, Perusahaan Dagang Pusat ( CTC / Central Trading Company ) dan Usaha Indonesia ( Usindo ), untuk mengekspor produk industri dan pertanian dan mengimpor bahan – bahan mentah untuk bangunan – bangunan industri yang dibiayai oleh BIN. ( Robison, 1986 : 41 ).
Berbagai tindakan untuk mempribumikan ekonomi sebagian besar dihubungkan dengan ekspansi perusahaan – perusahaan berskala besar yang dimiliki orang Indonesia pribumi. Namun demikian, karena sebagian besar aktivitas ekonomi orang – orang Indonesia pribumi sejak masa kolonial masih terbatas pada kerajinan tangan dan aktivitas berskala kecil, pemerintah Indonesia juga mengambil tindakan untuk mendorong kegiatan ini. Usaha – usaha ini mencakup kampanye koperasi, bentuk usaha yang digemari Mohammad Hatta, wakil presiden pertama dan diabadikan dalam UUD 1945 ( Hatta, 1956 : 39 ; Rice, 1983 : 63 – 65 ).
Untuk memajukan perkembangan koperasi pemerintah Indonesia menyediakan kredit dan informasi juga mengadakan kursus – kursus bagi para calon pemimpin koperasi. Hal ini, membuahkan hasil terbukti jumlah koperasi bertambah secara pesat dari 1153 pada tahun 1950 menjadi 9340 pada tahun 1954. Sebagian besar koperasi yang didirikan selama periode kolonial berdasar kredit, tetapi sesudah kemerdekaan sebuah tipe baru muncul yakni KUD, lembaga multi tujuan yang tidak hanya menyediakan kredit tetapi juga membeli barang – barang untuk para anggotanya dan juga menjual produk mereka. Diantara lebih dari 9000 koperasi yang terdaftar pada tahun 1954, 3413 adalah KUD ( Burger, 1975 : 172 ).
Tambahan lagi untuk memajukan koperasi, pemerintah juga mengambil langkah untuk mendorong industri – industri kecil, memperkenalkan pinjaman dan program mekanisme untuk menyediakan bantuan langsung kepada produsen industri berskala kecil yang sebagian besar beralokasi di Jawa dan Madura. Meskipun berbagai kesulitan dalam pelaksanaan, skema ini bermanfaat dalam meningkatkan hasil produsen kecil ( Paauw, 1963 : 216 ). Sadar bahwa pendapatan dan penggunaan ekonomi barang – barang modal yang diperlukan untuk memperluas dan memperbaiki hasil industri kecil tetapi yang secara umum tidak dapat dimasuki oleh produsen kecil secara individu, pemerintah mendirikan berbagai induk untuk pengumpulan dan penyebaran informasi teknis dan pasar. Meskipun induk mengalami masalah – masalah awal karena tidak efesiennya administrasi, program menjadi lebih sukses sesudah dikurangi sesuai dengan proporsi yang lebih dapat dikelola.
2.2. Pengaruh Faktor – Faktor dan Gagasan – Gagasan Sosial Ekonomi serta Dampaknya bagi Berbagai Kebijaksanaan Ekonomi[2]
Gagasan – gagasan ekonomi para perumus kebijasanaan ekonomi Indonesia selama periode awal kemerdekaan sebagian besar dibentuk oleh masa lampau kolonial Indonesia dan struktur ekonomi yang dihasilkan yang diwarisi dari Belanda. Karena struktur ekonomi kolonial yang dibenci, dimana orang – orang pribumi menduduki posisi ekonomi yang paling bawah, diasosiasikan dengan kapitalisme dan liberalisme persaingan bebas ( Higgins, 1986 : 694 ), banyak para pendiri Republik Indonesia, intelektual, perumus kebijaksanaan periode awal kemerdekaan tertarik pada sosialisme dan demokrasi sosial.
Meskipun telah ada konflik ideologis yang tajam antara para pemimpin Indonesia selama periode kolonial, revolusi dan periode awal kemerdekaan terutama antara para pemimpin partai agama di satu pihak dengan kaum nasionalis yang lebih radikal dan komunis pada pihak lain, terdapat kecurigaan yang berkembang luas terhadap kapitalisme liberal, persaingan bebas ( tidak terkendali ) dan perusahaan swasta ( utamanya asing ) dan aspirasi yang secara imbang dapat meresap untuk membangun sebuah ekonomi nasional dengan cara yang bersesuaian dengan masyarakat adil dan makmur.
Penghapusan berbagai ekonomi Belanda di Indonesia menyumbang banyak menuju pemuasan aspirasi – aspirasi nasionalis ekonomi ‘menjadi tuan rumah sendiri’ tetapi aspirasi –aspirasi ini tidak terpuaskan secara penuh. Sumber kejengkelan adalah dominasi yang berlanjut usahawan China, tanpa menghiraukan apakah mereka warga negara Indonesia atau Asing, dalam bagian – bagian ekonomi yang krusial termasuk perdagangan antara di wilayah pedesaan dan perdagangan eceran di wilayah perkotaan. Dalam kenyataannya, dominasi Belanda dan China terhadap Ekonomi Indonesia selama periode kolonial inilah mengantarkan Everett Hawkins (alm), seorang ekonomi Amerika yang bekerja di Indonesia selama akhir tahun 1950 – an dan awal tahun 1960 – an. Berbicara mengenai kolonialisme ganda dalam kasus ekonomi Indonesia.
Aktivitas ekonomi orang – orang China jauh lebih banyak terjalin dengan orang – orang Indonesia pribumi daripada dengan Belanda, merupakan hambatan lain untuk membatasi kegiatan ekonomi China berdasarkan keterlibtan mereka dalam perdagangan antara. Dalam aturan resmi, sejumlah pejabat pemerintah senior dapat memberikan bantuan seperti izin usaha. Tetapi kenyataannya, kadang – kadang mereka memberikan pilihan kepada para uasahawan China karena keuntungan kedua pihak yang nyata. Hal tersebut juga merupakan halangan laten untuk memajukan pengusaha pribumi dengan biaya orang China.
Pada akhir tahun 1950 –an beberapa tindakan diambil untuk memotong aktivitas ekonomi China tetapi hanya diarahkan kepada China warga negara asing. Tindakan ini mencakup nasionalisasi petusahaan – perusahaan orang China asing yang pro – Taiwan pada tahun 1958 dengan alasan keterlibatan Taiwan dalam pemberontakkan PRRI ( Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia ) seperti yang diduga dan pengusiran orang – orang asing sebagian besar warga negara RRC dari daerah pedesaan terutama daerah di luar ibukota distrik dan provinsi pada tahun 1959 / 1960.
Pelaksanaan tindakan pemerintah, yang dikenal dengan PP No. 10 / 1959, diterapkan secara besar – besaran didaerah pedesaan Jawa terutama Provinsi Jawa Barat meskipun mendapat tantangan dari diplomat – diplomat Kedutaan Besar China. Satu dari akibat tindakan anti – China dan kerusuhan – kerusuhan anti – China, menggerakkan ratusan ribu eksodus ‘orang asing’ yang sebagian besar para pedagang China yang miskin ketanah airnya di China. Dalam kenyataan, selama periode ini sejumlah orang – orang China lainnya tidak terpengaruh oleh peraturan pemerintah, yang disebutkan diatas. Termasuk mereka yang mempunyai kewarganegaraan Indonesia, juga memilih kembali ke tanah airnya yang tidak dikenal, terpikat oleh panggilan nyaring hui guio ( kembali ke tanah air ). Namun demikian, kesulitan – kesulitan ekonomi yang disebabkan pengusiran para pedagang China ‘asing’ dari daerah pedesaan juga persahabatan yang tengah tumbuh yang mulai dibangun Presiden Soekarno dengan RRC, membawa pelunakan dan kemudian mencabut PP No. 10. Dalam kenyataan, setidaknya pada saat itu PP 10 dianggap hanya sedikit memajukan kekuatan ekonomi orang Indonesia pribumi ( Anspach, 1969 : 195 ), tetapi dalam jangka panjang pengusiran ini memang telah membawa peningkatan pesat orang – orang pribumi Indonesia sendiri dalam aktivitas perdagangan eceran.
2.3. Perubahan Menuju Ekonomi Terpimpin
Meskipun pada akhir tahun 1955 pemerintah Indonesia telah mengajukan Rencana Pembangunan Lima Tahun yang pertama ( 1956 – 1960 ) yang disiapkan oleh Biro Perencanaan Nasional dengan bantuan beberapa penasehat asing dan kolega penelitian seperti Benjamin Higgins, Nathan Keyfitz, Daniel Neumark, Jamie Mackie dan berbagai peneliti Indonesia seperti Widjojo dan Sadli, penggolakkan politik, pemberontakkan PRRI / Permesta di Sumatera Barat dan Sulawesi Utara dan kemunduran kondisi ekonomi pada akhir tahun 1950 – an membuat pelaksanaan Repelita I menjadi tidak mungkin. Repelita I sesungguhnya merupakan program yang agak sederhana, sebagian besar berisi proyeksi – proyeksi yang dibuat berbagai kementerian termasuk pembentukkan 92 proyek industri percontohan, 61 buah pabrik energi dan perbaikan serta perluasan infrastruktur fisik termasuk jalan kereta api, jalan raya dan pelabuhan – pelabuhan ( Higgins, 1968 : 697 – 698 ).
Berbagai proyeksi yang dimasukkan dalam Repelita I didasarkan pada asumsi bahwa tekanan – tekanan inflasi akan tetap lunak dan bahwa kecenderungan produksi yang meningkat pada awal tahun 1950 –an akan berlanjut melewati akhir tahun 1950 – an. Walaupun tidak semua tujuan baik Repelita I kesampaian karena inflasi yang meningkat secara tajam yang berasal dari defisit anggaran yang meningkat, dan kestabilan politik membuat berbagai proyeksi berantakkan.[3]
Sebagai akibat kekacauan politik yang berkepanjangan dan jalan buntu dalam konstituante ( badan yang bertugas merancang konstitusi permanen bagi Indonesia ) mngenai apakah dasar ideologis negara harus Pancasila atau Islam, Presiden Soekarno mengeluarkan sebuah dekrit presiden pada tanggal 5 Juli 1959 yang menyatakan kembali kepada UUD 1945. Dengan kembali ke UUD 1945 kabinet menjadi bersifat presidensial dengan presiden Soekarno berfungsi bukan hanya sebagai kepala negara tetapi juga kepala pemerintahan.
Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959 yang memberi Presiden Soekarno sendiri kekuasaan eksekutif yang meningkat dan pemecatan parlemen terpilih dan Badan Konstituante pada awal tahun 1960 menandai permulaan periode Demokrasi Terpimpin dan Ekonomi Terpimpin.sejalan dengan era baru ekonomi terpimpin dan sosialisme ala Indonesia, presiden Soekarno mengangkat Dewan Perancang Nasional ( DEPERNAS ) yang dikepalai Mohammad Yamin, salah satu pemimpin nasionalis Indonesia terkemuka. Badan perancang ini di beri tanggung jawab untuk menghasilkan Rencana Pembangunan Delapan Tahun. Tidak seperti Repelita I yang secara murni merupakan dokumen ekonomi, Rencana Delapan Tahun yang diperkenalkan pada tahun 1960 lebih bersifat politik, karena dokumen ini merupakan dokumen ekonomi yang menggariskan jenis masyarakat yang diharapkan tercapai dengan rencana tersebut. Kepentingan politik dan simbolik Rencana Delapan Tahun dengan jelas ditunjukkan oleh fakta bahwa dokumen dihasilkan dalam 18 volume, 8 bagian dan 1945 pasal untuk menyimbolkan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
Sesungguhnya Rencana Delapan Tahun hanya merupakan kumpulan beberapa proyek yang dimaksudkan untuk menyenangkan setiap orang dengan menghindarkan ketentuan proritas yang jelas. Rancangan mengelakkan kriteria latar yang jelas untuk alokasi sumber – sumber daya sekalipun kekurangan dana secara serius, sehubungan dengan kemerosotan anggaran dan penghasilan ekspor. Satu hal penting secara ideologis, unsur yang lebih konkret Rencana Delapan Tahun menyatakan bahwa dibawah sosialisme ala Indonesia setiap warga negara berhak atas apa yang pada akhir tahun 1970 – an disebut kebutuhan dasar manusia, yakni sandang, pangan, papan, kesehatan, pendidikan, fasilitas, jasmani hari tua dan kebebasan untuk mengembangkan kehidupan kultural dan spiritual ( Higgins, 1968 : 699 ).
Rencana tersebut mengalami nasib yang sama dengan Repelita I. Inflasi yang meningkat secara cepat disebabkan pengeluaran besar untuk kampanye militer dalam rangka merebut Irian Jaya pada tahun 1961 / 1962 dan berikut kampanye ‘Ganyang Malaysia’ tahun 1963 / 1966 di tambah kemerosotan ekonomi yang terjdi secara cepat dan kekacauan politik yang terus menerus membuat pelaksanaan Rancangan Pembangunan Delapan Tahun sama – sama tidak mungkin.
Untuk periode yang singkat pada tahun 1963 sebuah harapan muncul setelah penduduk politik Irian Jaya oleh Belanda dibawah pengawasanPBB, Presiden Soekarno lebih dapat menerima pandangan bahwa negara Indonesia harus memusatkan perhatian dan energinya pada stabilitas dan rehabilitas ekonomi jangka panjang serta pembangunan ekonomi berikutnya. Untuk mengajak presiden Soekarno menjalankan pembangunan ekonomi, presiden Kennedy mengirimkan sebuah tim resmi untuk melihat kebutuhan – kebutuhan ekonomi Indonesia dan untuk merekomendasikan langkah – langkah bagi perbaikan ekonomi termasuk tindakan – tindakan yang dapat dibantu secara finansial oleh Amerika Serikat. Pada akhirnya tidak satupun rekomendasi dapat diberikan tim Humphrey karen Indonesia dibangun dengan sikap yang semakin anti – barat, sesudah konfrontasi dengan Malaysia.
Pada kubu domestik kaum ekonom akademis, sebagian besar dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ( FEUI ) dan beberapa ilmuwan sosial termotivasi ketika Subandrio, wakil perdana menteri dan menteri luar negeri dan orang kedua yang paling berkuasa di Indonesia setelah presiden Soekarno meminta soedjatmoko, seorang intelektual Indonesia terkemuka untuk membantunya merumuskan sebuah program ekonomi baru bagi Indonesia. Soedjatmoko dan Sarbini Sumawinata dari FEUI dan beberapa ekonomi FEUI lain termasuk Widjojo dan Sadli menerima undangan Subandrio dan selanjutnya dipasang untuk mempersiapkan sebuah dokomen baru yang disebut DEKON ( Deklarasi Ekonomi ).
Fokus DEKON adalah dekonsentrasi yang sesungguhnya melibatka apa yang sekarang disebut deregulasi dan debirokratisasi. Oleh karenanya akronim DEKON mengacu bukan hanya pada deklarasi ekonomi tetapi juga fokus program. Soedjatmoko, Sarbini dan kelompok ekonom FEUI lainnya memikul kewajiban mempersiapkan DEKON secara serius karena dalam DEKON mereka melihat peluang untuk menimbulkan keretakkan antara Soekarno dan kaum komunis ( yang telah memupuk kakuasaan politik semakin besar di bawah Demokrasi Terpimpin dan Ekonomi Terpimpin ). Program Ekonomi DEKON yang mereka harapkan dapat membahayakan perjuangan komunis untuk menjadikan Indonesia komunis dengan menarik perhatian pada masalah – masalah ekonomi yang gawat. Dengan menyoroti masalah – masalah ekonomi ini, masalah serius kontrol negara diharapkan juga dibawa menjadi pusat perhatian.
Meskipun tanggapan Subandrio terhadap DEKON sungguh menyenangkan, kaum komunis mampu menetralisasikan seluruh serangan dokumen ekonomi ini sebelum secara resmi diserahkan kepada pemerintah, dengan bersikeras memasukkan beberapa pernyataan pada bagian pembukaan untuk menekankan bahwa selama fase demokrasi nasional yang sekarang dialami Indonesia ( pada tahun 1963 ) fokus nasional seharusnya pada anti – imperialisme. Akibatnya DEKON tidak menghasilkan apa – apa.
Karena sumberdaya yang langka semakin diarahkan pada kampanye militer melawan Malaysia sesudah tahun 1963, inflasi naik terus sampai tiga digit, yang mendislokasikan ekonomi yang turun kebawah lebih jauh sampai menjadi berantakkan pada saat kudeta PKI 30 September 1965 berlangsung. Sebagai akibat dislokasi ekonomi, pertumbuhan ekonomi selama awal tahun 1960 –an hanya 2,1 % , bahkan kurang dari tingkat rata – rata pertumbuhan penduduk 2,6 % . karena itu selama bagian pertama tahun 1960 – an penduduk Indonesia mengalami kemerosotan pendapatan perkapita sama seperti selama penduduk Jepang dan Revolusi Kemerdekaan.
2.4. Kebijaksanaan terhadap Penanaman Modal Asing[4]
Diantara berbagai kebijaksanaan ekonomi Indonesia selama tahun 1950 –an, kebijaksanaan yang berhubungan dengan investasi asing merupakan hal yang sangat menarik. Hal ini karena keteguhan Indonesia untuk memutus masa lampau kolonialnya barangkali tidak dinyatakan lebih tegas dalam hal lainnya kecuali dalam sikap dan kebijaksanaan yang berkaitan dengan investasi asing. Permusuhan Indonesia yang tetap hidup sebegitu jauh terhadap penanaman modal asing, seperti ditunjukkan sebelumnya, disebabkan oleh kenyataan bahwa setelah menyerah terimaan kadaulatan kepada Indonesia pada bulan Desember 1949 semua perusahaan Belanda tidak hanya diperbolehkan melanjutkan operasinya di Indonesia, tetapi juga mempertahankan posisi dominan dalam ekonomi Indonesia. Dalam kenyataannya, 5 perusahaan dagang besar masih menikmati praktek monopoli mereka. Tidak mengherankan jika Sumitro mendorong program benteng sebagai salah satu jalan untuk membangun sebuah perimbangan terhadap kepentingan – kepentingan ekonomi Indonesia.
Sumitro mengemukakan bahwa sebelum diizinkan masuk ke Indonesia, modal asing harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
Ø  Harus ada sekurang – kurangnya partisipasi minimum modal domestik dari orang Indonesia dalam berbagai proyek investasi asing.
Ø  Harus juga terdapat partisipasi minimum orang Indonesia dalam manajemen proyek – proyek investasi asing.
Ø  Para investor asing diwajibkan untuk melatih orang – orang Indonesia.
Ø  Para investor asing diwajibkan untuk memperkerjakan sebanyak mungkin orang Indonesia.
Ø  Para investor asing harus mengamati hubungan – hubungan kerja dengan baik.
Ø  Para investor asing diwajibkan untuk menginvestasikan kembali sebagian keuntungan proyek – proyek mereka di Indonesia.
Satu hal yang menarik tentang persyaratan yang disarankan bagi penanaman modal asing ini adalah bahwa banyak kewajiban – kewajiban tersebut kemudian dimasukkan dalam Undang – Undang Penanaman Modal Asing tahun 1967 dan peraturan – peraturan berikutnya yang mengatur investasi asing dibawah Orde Baru.
Kehadiran perusahaan – perusahaan Barat dan Belanda yang berlanjut ( beberapa diantaranya sejak awal tahun 1930 –an ketika proteksi melalui bea impor dan kuota menarik perusahaan – perusahaan multinasional seperti Unilever, British American Tobacco ( BAT ), Bata dan Goodyear mendirikan perusahaan – perusahaan di Indonesia ), Menghadap pemerintah Indonesia pada delima yang sulit. Pemerintah Indonesia diikat dengan berbagai komitmen perjanjian internasional, dituntut berkomitmen melindungi hak – hak hukum perusahaan asing, sedangkan tekanan – tekanan politik yang kuat termasuk dari tingkat desa memaksa pemerintah mengambil langkah untuk mengakhiri berbagai permintaan nasionalis yang keras dari beberapa kelompok penekan. Namun demikian, dimanapun pemerintah merasa berkewajiban diatas dasar – dasar hukum untuk memihak pada perusahaan – perusahaan asing, pemerintah berhadapan dengan oposisi politik yang kuat yang memaksa untuk mundur bahkan dalam sebuah kasus memaksa untuk berhenti.[5]
Salah satu contoh penting adalah upya pemerintah Wilopo ( 1952 – 953 ) untuk menghentikan serbuan tidak sah para penghuni liar tanah – tanah perkebunan yang kebanyakkan masih dimiliki perusahaan – perusahaan tembakau Belanda di Sumatera Utara. Meskipun pemerintah Indonesia dan pemerintah provinsi Sumatera Utara melakukan beberapa usaha untuk merancang sebuah perjanjian antara perusahaa – perusahaan tembakau asing dengan berbagai organisasi petani dan pekerja untuk menyelesaikan konflik agraria, organisasi – organisasi petani yang lebih militan   didukung oleh surat kabar Medan mengkritik pedas pemerintah pusat dan provinsi karena memperpanjang pengakuan terhadap konsesi – konsesi pertanian dan persewaan tanah jangka panjang yang diberikan kepada perusahaan – perusahaan tembakau selam periode kolonial. Pemerintah Indonesia didesak golongan – golongan nasionalis dan organisasi – organisasi petani militan untuk mengakhiri kebijaksanaan agraria lama dengan mensosialisasikan tanah – tanah tembakau dan meredistribusikan tanah – tanah yang dinasionalisasikan kepada para petani tidak bertanah, daripada berusaha mengakomodasikan kepentingan – kepentingan perusahaan tembakau.
Bahkan ketika Asosiasi Perkebunan Tembakau Asing setuju meninggalkan klaim – klaim sah atas sekitar separuh tanah – tanah yang disengketakan, organisasi – organisasi petani yang lebih militan menekan melalui permintaan dan demonstrasi. Hal ini mengakibatkan pecahnya peristiwa Tanjung Morawa pada tahun 1953, yang dalam peristiwa ini, polisi telah membunuh 1 orang Indonesia, 4 orang China dan melukai 17 orang lainnya.
Peristiwa Tanjung Morawa menimbulkan kegemparan dan kritik – kritik keras terhadap pemerintah sehingga memaksa kabinet Wilopo mengundurkan diri pada 2 Juni 1953. Peristiwa ini juga meperlihatkan ketegangan – ketegangan yang mendalam antara dua pasangan koalisi utama dalam kabinet yakni masyumi, partai islam yang lebih moderat dan PNI yang lebih nasionalis. Ketegangan ini tidak hanya mengungkapkan pendekatan yang berbeda yang diambil dalam usaha menyelesaikan konflik – konflik agraria, tetapi kelihatan secara jelas ketika Masyumi gagal memperoleh dukungan PNI untuk mengambil ladang – ladang minyak di Sumatera Timur kepada pemilik yang berhak yakni Royal Dutch / Shell.
Runruhnya kabinet Wilopo dan pencapaian kekuasaan kabinet Ali Sastro Amidjoyo pertama ( 1953 – 1955 ) menggembar – gemborkan permulaan kebijaksanaan yang lebih militan terhadap investasi asing. Hal ini, diindikasikan oleh pembatalan pemerintah Indonesia terhadap bagian kebijaksanaan perdagangan konferensi meja bundar. Kabinet Ali Sastro Amidjoyo juga mendorong proses Indonesianisasi ekonomi dengan tenaga yang lebih besar, membantu secara aktif perusahaan – perusahaan Indonesia mengambil bagian yang lebih besar dalam berbagai aktivitas ekonomi seperti impor, bank, pelayaran, penggilingan padi dimana kepentingan – kepentingan Belanda dan China telah dominan. Tekanan untuk mengindonesiakan juga nyata dalam perusahaan – perusahaan asing, karena perusahaan – perusahaan asing didesak dengan kuat untuk memberikan pelatihan yang lebih banyak bagi personil – personil Indonesia, sehingga mereka dapat mengambil alih untuk posisi – posisi teknis, manajerial, pengawasan dalam jumlah yang makin bertambah dari orang – orang yang melepaskan kewarganegaraannya. Bukti – bukti apapun yang tersedia memperlihatkan bahwa tekanan – tekanan ini rupanya sungguh efektif. Sebagai contoh perusahaan minyak milik Amerika, Stanvac melaporkan bahwa proporsi pekerja Indonesia dalam posisi teknis, administrasi dan pengawasan telah meningkat dari 27 % pada awal tahun 1949 menjadi 72 % pada akhir 1954. Sebuah perusahaan Inggris – Indonesia juga melaporkan bahwa pada tahun 1940 staf manajerialnya terdiri dari 268 orang asing dan 55 orang Indonesia, tetapi pada tahun 1960 rasio dari 268 orang asing dan 55 orang Indonesia, tatapi pada tahun 1960 rasio telah berubah menjadi 255 orang Indonesia dan hanya 16 orang asing.
Sebenarnya pemerintah Indonesia telah mempersiapkan Undang – Undang Penanaman Modal Asing pada tahun 1953 sebelum iklim investasi asing memburuk. Meskipun suasana secara umum bermusuhan terhadap perusahaan – perusahaan asing, kabinet Ali Sastro Amidjoyo kedua ( 1956 - 1957) menyetujui sebauh versi Undang – Undang Penanaman Modal Asing yang dimodifikasi yang akhirnya diabaikan oleh Parlemen pada tahun 1958. Pada tahun yang sama Badan Koordinasi Penanaman Modal ( BKPM ) didirikan untuk mengatur Undang – Undang Penanaman Modal Asing. Meskipun Undang – Undang tidak melarang mayoritas pemilik asing, dinyatakan bahwa kerjasama dengan pasangan Indonesia akan mendapat perlakuan prioritas. Undang – Undang juga menyatakan bahwa pemindahan keuntungan dan deviden keluar negeri akan diizinkan meskipun nilai tukar yang harus digunakan tidak terperinci ( pada saat Indonesia mempunyai nilai tukar yang beragam ). Beberapa ketentuan ini kemudian dimasukkan dalam Undang – Undang Penanaman Modal Asing tahun 1967 yang diberlakukan pemerintah Orde Baru.
Namun demikian, nasionalisasi perusahaan – perusahaan Belanda tahun 1957 / 1958 dan pendiri anti – barat Presiden Soekarno yang memuncak membuat Undang – Undang ini sebagian besar tidak efektif sejak permulaan. Hanya setahun setelah pengesahan oleh Parlemen Indonesia, Undang – Undang ini dicabut oleh Presiden Soekarno, dalam beberapa peristiwa pada tahun 1959. Sejak saat itu, kebijaksanaan terhadap investasi asing yang resmi tidak ada. Meskipun investasi swasta asing yang baru tidak diperbolehkan selama periode ini, sejumlah proyek – proyek industri baru diajukan oleh pemerintah Indonesia. Proyek – proyek ini dibiayai dengan kredit luar negeri, terutama kredit diberi oleh pemerintah lain dalam tingkat terbatas juga kredit suplier swasta.
Persahabatan yang lebuh akrab antara Presiden Soekarno dengan China pada awal tahun 1960 –an dan sikap permusuhan pemerintah Indonesia yang makin meningkat terhadap Barat terutama Amerika Serikat dan Inggris karena oposisi mereka terhadap kampanye Ganyang Malaysia membawa nasionalisasi semua perusahaan Amerika Serikat dan Inggris pada tahun 1963, meskipun langkah – langkah ini seolah – olah dibenarkan untuk melindungi perusahaan – perusahaan ini dari aksi – aksi organisasi pekerja yang bermusuhan.
Nasionalisasi perusahaan – perusahaan Inggris dan Barat lainnya pada tahun 1963 / 1964 berarti akhir perusahaan – perusahaan swasta asing yang menjadi kenyataan kehidupan ekonomi sejak era kolonial akhir. Menariknya, pada waktu itu tidak seorang pun dapat meramalkan bahwa beberapa tahun kemudian kebijaksanaan yang bermusuhan terhadap Penanaman Modal Asing sepenuhnya berubah dan kebijaksanaan pintu terbuka dijalankan pada tahun 1967 dibawah pemerintahan Indonesia yang beru yang membuka pintu lebar – lebar bagi investasi asing.[6]















[1] A Booth.1988.Agricultural Development in Indonesia.Sydney.Allen & Unwin.Hal : 483.
[2] Faisal Basri.2002.Perekonomian Indonesia.Jakarta.Erlangga.
[3] Tulus T.H. Tambunan.2011. Perekonomian Indonesia.
[4] J. Thomas Lindblad.2002.Fondasi Historis Ekonomi Indonesia.Yogyakarta.Pusat Studi Sosial Asia Tenggara UGM. Hal : 388.
[5] Ibid. Hal : 389.
[6] Ibid. Hal :391.

35 komentar:

Sulis Susanti mengatakan...

Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjamanHalo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

Dangote Loan Company mengatakan...


Tuan Nyonya
Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
Keuangan *
* Home Loan
* Investasi Pinjaman
* Auto Pinjaman
* Konsolidasi hutang
* Line of Credit
* Kedua Mortgage
* Akuisisi kreditan
Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 2%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 2 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
dangotegrouploandepartment@gmail.com
dangotegrouploan.wordpress.com

yusi retnowati mengatakan...

Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang.

Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark

Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com)
Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

Maureen Kurt mengatakan...

Halo,
Aku Mrs. Maureen Kurt, kreditor pinjaman swasta, apakah Anda secara finansial sedang jatuh? Mencari pinjaman untuk menumbuhkan bisnis Anda, melunasi tagihan dan hutang Anda, pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Saya memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua pihak yang membutuhkan pinjaman dan dapat membayar kembali dengan tingkat bunga rendah sebesar 2%. Saya terdaftar dan disetujui oleh Kerajaan Inggris untuk mengendalikan institusi keuangan di seluruh dunia. Saya memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank dan tidak memerlukan banyak dokumen.
Anda dapat menghubungi kami via Email: (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Datanglah kepada kita dan kita akan memperbaiki hidupmu.

Widya Okta mengatakan...

Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

aditya.aulia139@gmail.com mengatakan...

Assalamualaikum
Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kondisi terberat saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di akun Bank Centra Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via:mail:{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Annisa Ahmad mengatakan...

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,

Anonim mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia
BBM INVITE:{D8980E0B}

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Annisa Ahmad mengatakan...

Halo

Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
Assalamu`alaikum wr wb,

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Anonim mengatakan...

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM di salah satu blog saya menghubungi Mrs Iskandar Lestari konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)atau melalui dia BBM INVITE:{D8980E0B} facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
Website: (iskandarlestari.wordpress.com)
Whatsapp:{+33753893351}

charity white mengatakan...

Halo,
Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

JERRY mengatakan...

Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat senang karena saya mendapat pinjaman dari Anthony Yuliana Lenders Saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman di situs ini, semua pujian ditujukan kepada TUHAN, saya mendapat pinjaman sebesar Rp. 70.000. 000 juta dari Anthony Yuliana Lenders mungkin TUHAN memberkati mereka semua, saran saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini bahwa mereka harus sangat berhati-hati karena ada banyak lender pinjaman palsu, untuk pinjaman 100%, kontak (anthony.yulianalender @ gmail.com) atau melalui whatsapp +2349060276038
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya {jerryandi843@gmail.com}

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
                       : {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
   Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

AMISHA mengatakan...




Saya selalu berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan peminjam yang meminjamkan uang tanpa membayar terlebih dahulu.

Jika Anda mencari pinjaman, perusahaan ini adalah semua yang Anda butuhkan. setiap perusahaan yang meminta Anda untuk biaya pendaftaran lari dari mereka.

saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah SUZAN INVESTMENT COMPANY. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir Rp35 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

Pembayaran yang fleksibel,
Suku bunga rendah,
Layanan berkualitas,
Komisi Tinggi jika Anda memperkenalkan pelanggan

Hubungi perusahaan: (Suzaninvestment@gmail.com)

Email pribadi saya: (Ammisha1213@gmail.com)

Unknown mengatakan...

Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke kaki saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini bahwa bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Unknown mengatakan...

Nama saya Bakti Novita, saya berasal dari Bekasi sebuah kota di Jawa Barat, Indonesia, yang terletak di perbatasan timur Jakarta di dalam wilayah metropolitan Jakarta, beberapa bulan yang lalu saya tersedot ke dalam situasi keuangan yang buruk dan saya membutuhkan pinjaman mendesak untuk membayar tagihan dan kembali ke kaki saya secara finansial karena situasi keuangan saya saat ini bahwa bank saya menolak memberi saya pinjaman, dia pergi dengan opsi lain untuk mencari pinjaman tanpa jaminan secara online, saya adalah korban penipuan dalam proses penelitian saya , dan saya kehilangan hampir EUR 1500 dan saya dalam kesulitan dan saya hampir berharap untuk mendapatkan pinjaman sampai saya menemukan pos online, postingan itu dibagikan kesaksian oleh Ratu Jamillah dari Surabaya, yang menunjukkan bagaimana dia menerima pinjaman sebesar € 50.000 dari KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR PINJAMAN LESTARI. setelah membaca posting, saya memutuskan untuk menghubungi Ibu Iskandar melalui email yang dibagikan di pos, permintaan tanpa jaminan saya untuk pinjaman sebesar EUR 350.000 disetujui dalam waktu 72 jam dari permintaan saya dan pinjaman saya dibayarkan ke rekening bank saya tanpa kelalaian apa pun. Saya ingin menyampaikan penghargaan saya yang dalam dan saya juga merekomendasikan agar pemohon pinjaman sangat waspada karena ada banyak penipu yang tujuan utamanya adalah untuk mendorong peminjam yang tidak bersalah, jadi Anda harus berhati-hati dan waspada. bagi mereka yang membutuhkan pinjaman yang nyata dan dapat dipercaya sebagai penerima manfaat, saya merekomendasikan KREDIT UNION DAYA LESTARI / ISKANDAR LESTARI, Anda dapat menghubungi mereka melalui info kontak berikut.


BBM INVITE: {D8980E0B}
WhatsApp Only :: {+ 33753893351}
e-mail: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

Widya Okta mengatakan...

Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

Angga Annisa mengatakan...

Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

Detail Kontak Penuh:

Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
BBM INVITES: {D8980E0B}
                       : {4424AA}
Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

           TESTIMONI OLEH
Penerima Manfaat: Angga Annisa
   Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

Arya Theresia mengatakan...

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka tetap maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: aryatheresia750@gmail.com

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: christymorrisloanfirm@gmail.com

Arya Theresia mengatakan...

KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
Terima kasih
Arya Theresia

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan Vis-a-vis: Perancangan Perniagaan, Pembangunan Komersil dan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula, Rumah Minat Berfaedah untuk individu, syarikat dan entiti undang-undang .....
hubungan cepat
What'sApp: [+44] 7480 729811
☎ .............: [+44] 7480 729811
e_mail .. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


Ditandatangani:
Pengurusan.
Salam.
Status: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
© Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Kami menawarkan pelbagai perkhidmatan kewangan Vis-a-vis: Perancangan Perniagaan, Pembangunan Komersil dan Kewangan, Hartanah dan Gadai Janji, Pinjaman Penyatuan Hutang, Pinjaman Perniagaan, Pinjaman Swasta, Pinjaman Pembiayaan Semula, Rumah Minat Berfaedah untuk individu, syarikat dan entiti undang-undang .....
hubungan cepat
What'sApp: [+44] 7480 729811
☎ .............: [+44] 7480 729811
e_mail .. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]


Ditandatangani:
Pengurusan.
Salam.
Status: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
© Copyright The Iskandar Lenders Group 2019

HAFIZUL BIN HAZIQ mengatakan...

e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
WhatsApp Number::::::::::[+60]1123759663

email:::::::hafizulbin365@gmail.com
Name::::Hafizul Bin Haziq
Country:::Malaysia
[[[[di atas adalah data peribadi saya]]]]]
Kemarau kewangan saya berakhir pada bulan ini apabila saya fikir semuanya adalah urusan perniagaan dengan beberapa rakan saya di Kuala Lumpur beberapa bulan yang lalu perniagaan yang bernilai beberapa Rm785.000.00 yang keuntungannya sudah cukup untuk kita semua untuk berkongsi keuntungan tetapi akibat kegagalan perniagaan, kita semua mendapati bahawa kita mempunyai masalah kewangan yang sangat besar kerana saya tidak mempunyai wang untuk bergantung pada ketika perniagaan gagal kerana saya melabur semua saya dengan saya pada perniagaan jadi saya berada di sangat sangat maaf jadi saya terpaksa mencari bantuan kewangan saya sebenarnya telah ditolak oleh beberapa bank sebagai hasil dari kadar pinjaman mereka dan juga syarat mereka jadi saya terpaksa melalui beberapa blog sehingga saya datang menghadapi dengan Iklan Syarikat Ibu. saya menghubungi Ibu dengan segera selepas melalui beberapa proses yang sangat fleksibel permintaan pinjaman saya sebanyak Rm440.000.00 telah diluluskan oleh pihak pengurusan dan pada keesokannya Lembaga Pengurusan Peminjaman Pinjaman dikreditkan saya tanpa menangguhkan berkat ini dari ibu yang dapat menyelamatkan anda hari ini dari apa-apa embarrazement kewangan anda menjadi ibu hubungi Ibu sekarang untuk pinjaman anda yang berubah e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY "ISKANDAR LENDERS"
[[[[Berikut adalah data peribadi saya]]]]
Country::::::Malaysia
Name::::::::Hafizul Bin Haziq
email::hafizulbin365@gmail.com
Telephone Number:[+60]1123759663
WhatsApp Number::::::::[+60]1123759663
e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

ALL GLOBAL GRANT LOAN mengatakan...

KABAR BAIK,
SEMUA PINJAMAN GLOBAL, inilah satu-satunya perusahaan pinjaman Asli yang diakreditasi oleh BANK DUNIA, Kami akan mengubah hidup Anda menjadi lebih baik, perusahaan pinjaman, Diberikan dan Berlisensi untuk menawarkan pinjaman kepada individu, perusahaan swasta dan orang yang membutuhkan bantuan keuangan dalam tunjangan tingkat rendah sebanyak 2% dan Kami menerima pinjaman dalam bentuk apa pun.

Di sini, di SEMUA PINJAMAN PEMBERIAN GLOBAL, akan membuat yang terbaik dari penghormatan kami kepada semua pelamar yang sah. Anda tidak akan kecewa dengan Kami dalam kesepakatan bisnis ini karena perusahaan kami akan memastikan pinjaman Anda sampai kepada Anda, jika itu tidak juga berakhir di sana, kami memiliki tim ekspatriat yang memahami undang-undang investasi, mereka akan membantu Anda, memberi Anda tips yang akan membantu Anda mengelola investasi tempat Anda menanamkan pinjaman, sehingga Anda tidak pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda dan penawaran luar biasa ini disertai dengan pinjaman Anda dan tidak dikenakan biaya, Hubungi kami hari ini melalui email allglobalgrantloan @ gmail.com


HUBUNGI KAMI .....
+ 1(412)8513844
allglobalgrantloan@gmail.com

Mohammad Ismali mengatakan...

kesaksian nyata dan kabar baik !!!

Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.comdan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

Lady Mia mengatakan...

KABAR BAIK!!!

Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Hubungi kami:
                                            via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

"ISKANDAR LENDERS" mengatakan...

Hubungi kami:
                                            via :::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::: :
                                              WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
                                                Tel .... (+ 44) 7480 729811

Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)

CYNTHIA DAFA mengatakan...

Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang Bisnisnya baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

CYNTHIA DAFA mengatakan...

Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
Instagram ': christabelmissan
Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih dapat menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

___Malik___ mengatakan...

Nama: Malik
Negara: Indonesia
Jenis Kelamin.: Pria
Pekerjaan.::::: Pabrik Tenaga Surya
WhatsApp.(***+62-877-9447-8178***)
Lamar Sekarang :(financialserviceauthority400@gmail.com)


DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY adalah pemberi pinjaman uang yang sah dan bereputasi baik. Mereka meminjamkan uang kepada perusahaan besar dan pabrik yang membutuhkan dukungan keuangan, mereka memberikan pinjaman kepada orang-orang yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis. Jadi, apakah Anda mencari pinjaman mendesak? Anda tidak perlu khawatir karena Anda berada di tempat yang tepat kami menawarkan pinjaman dengan bunga rendah jadi jika Anda membutuhkan pinjaman hubungi mereka sesegera mungkin terutama di era pandemi ini untuk meringankan beban keuangan Anda. Saya mendapat pinjaman Rp.4,5 miliar untuk membayar hutang saya dan melakukan bisnis saya dan juga dalam seminggu saya memiliki hak untuk memperkenalkan kepada mereka seorang teman saya yang berada di Malaysia sejak saya berhasil sehingga dia juga mendapatkan pinjamannya senilai RM 270.000.
____WARNING: Harap berhati-hati di blog ini, jangan mencari pinjaman dari pemberi pinjaman yang fiktif. Saya telah ditipu 3 kali oleh pemberi pinjaman palsu dan saya dapat membuktikan kepada Anda bahwa dengan DUBAI FINANCIAL SERVICE AUTHORITY Anda sama sekali tidak perlu takut. Perusahaan ini ditahbiskan oleh Allah jadi hubungi mereka sekarang untuk pinjaman Anda. Semoga Allah Membantu Anda.

email:((m7472736@gmail.com))


Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

Posting Komentar